INFOKINI.ID, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kecamatan Tamalate. Di sana ia menemukan banyak infrastruktur publik dan sekolah yang tak lagi layak.
“Pagi ini, saya melakukan sidak mulai dari Kantor Camat Tamalate, dilanjutkan ke Kantor Lurah Barombong dan Kantor Lurah Sambung Jawa. Tim juga menyambangi Puskesmas Barombong dan SDN Barombong,” ujar Munafri, Selasa (27/5/2025).
Dari hasil sidak, ditemukan beberapa catatan akan segera ditindaklanjuti, seperti perbaikan fasilitas dan peningkatan kedisiplinan aparatur sipil negara. Untuk bangunan pelayanan publik, diharapkan dapat diperbaiki secara bertahap.
“Kami melihat langsung fasilitas di kantor camat, puskesmas, hingga SD di sekitar sini. Memang fasilitasnya perlu perhatian ekstra sehingga harus segera dibenahi,” tegasnya usai sidak.
Selain kondisi fisik, perhatian juga tertuju pada kebersihan dan tampilan kantor pelayanan publik yang dinilai belum optimal. Tampilan kantor kurang bersih.
“Ini butuh usaha ekstra agar bisa memperlihatkan bahwa pelayanan pemerintah harus berada di tempat yang bersih, sehat, dan nyaman bagi semua,” lanjutnya.
Munafri juga menekankan pentingnya pelayanan yang ramah, cepat, dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat. Pelayanan yang ramah dan cepat merespons keinginan masyarakat adalah hal yang wajib.
“Tentu pelayanan kepada masyarakat penting, menjadi tugas kita ke depan untuk terus memperbaiki sistem layanan publik agar makin responsif dan profesional,” tegasnya.
Diketahui, sidak dilakukan untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik dan sesuai standar operasional. Munafri ingin melihat langsung kinerja pegawai serta mengevaluasi sarana dan prasarana pelayanan publik.
“Kita ingin memastikan semua perangkat pelayanan publik benar-benar hadir melayani masyarakat secara optimal. Ini bagian dari komitmen kami meningkatkan kualitas pelayanan,” ujarnya.
Sidak ini merupakan bagian dari evaluasi rutin sekaligus bentuk komitmen pemerintah Kota Makassar dalam membangun kepercayaan publik terhadap pelayanan diberikan.
















