Suzuki Catat Penjualan Lebih dari 1.000 Unit Sepanjang Januari-September, Kendaraan Niaga Sumbang 56 Persen

Head of Sales 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Rendy Anggadiputra dan General Manager PT Megahputra Sejahtera, Yesaya Roberto.

INFOKINI.ID, MAKASSAR – Indonesia Timur, khususnya Sulawesi Selatan, menjadi pasar otomotif yang strategis yang siap memasuki fase pertumbuhan baru.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berhasil memanfaatkan momentum ini. Hasilnya, PT SIS berhasil mencatatkan total penjualan ritel lebih dari 1.000 unit sepanjang periode Januari hingga September 2025 di wilayah Sulsel.

Dari jumlah itu, kontribusi 56 persen berasal dari segmen kendaraan niaga, sementara lainnya sebesar 44 persen merupakan kendaraan penumpang.

Head of Sales 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Rendy Anggadiputra, menjelaskan bahwa hasil ini adalah bukti bahwa strategi Suzuki tepat sasaran.

“Tren positif di Makassar menunjukkan bahwa konsumen Indonesia Timur kini tidak hanya mencari kendaraan, tetapi solusi mobilitas yang sesuai dengan tuntutan ekonomi dan lingkungan mereka,” kata Rendy.

Menurutnya, New Carry tetap menjadi tulang punggung UMKM berkat efisiensi biaya operasional. Sedangkan peningkatan signifikan pada model hybrid mencerminkan kesiapan masyarakat urban Makassar untuk beralih ke teknologi lebih ramah lingkungan.

“Tren ini merupakan sinyal positif bagi masa depan otomotif di kawasan ini,” ujar Rendy.

Rendy mengatakan, segmen komersial ringan masih menjadi penopang utama Suzuki di Makassar. Melalui New Carry yang kuat, Suzuki tetap menjadi andalan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Keandalan mesin, efisiensi, serta kemudahan perawatan yang ditawarkan mampu menjaga aktivitas niaga sekaligus mobilitas distribusi berfrekuensi tinggi,” tuturnya.

Sementara di segmen kendaraan penumpang sendiri, Suzuki mencatat tren menarik berupa 65 persen dari total penjualan berasal dari model hybrid.

Dua kontributor utamanya, New XL7 Hybrid dan Fronx, mencerminkan pergeseran preferensi masyarakat urban yang semakin peduli efisiensi sambil menjaga lingkungan.

“Kehadiran Suzuki Fronx dengan desain SUV Coupe dinamis dipadukan performa lincah, berhasil menarik minat konsumen muda Makassar yang menginginkan kendaraan berkarakter modern serta berteknologi canggih,” jelasnya.

Kinerja positif Suzuki di Sulsel juga diperkuat oleh dukungan jaringan dealer resmi PT Megahputra Sejahtera.

Dalam upaya memperkuat kedekatan dengan pelanggan, Suzuki turut berpartisipasi di GIIAS Makassar 2025, menghadirkan deretan produk unggulan seperti Fronx, New XL7 Hybrid Kuro, dan Jimny 5-door.

Pengunjung juga berkesempatan mencoba langsung kendaraan melalui test drive serta menikmati beragam promo menarik selama pameran berlangsung.

General Manager PT Megahputra Sejahtera, Yesaya Roberto, mengatakan bahwa tingginya permintaan baik untuk kendaraan penumpang penunjang keseharian maupun niaga ringan sebagai penopang utama usaha menjadi indikator kuat kesehatan pasar otomotif Sulawesi Selatan.

“GIIAS Makassar 2025 merupakan ajang ideal bagi kami untuk bertemu langsung dengan calon pelanggan, mendengarkan kebutuhan mereka, serta menawarkan solusi mobilitas yang tepat,” kata Yesaya Roberto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *