JNE Ajak UMKM Bangkitkan Perekonomian

INFOKINI.ID, MAKASSAR – Pandemi Covid-19 sejak 2019 berdampak signifikan pada sektor ekonomi negeri. Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di sektor perdagangan jadi kelompok yang paling terpuruk karena pandemi. Namun dengan dukungan dari JNE pelaku usaha dapat tetap survive.

Dalam mendukung sektor UMKM untuk bersaing di dunia digital, JNE berinisiatif mengadakan gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll… Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Makassar.

JNE sebagai jasa pengiriman barang atau paket terbesar di Indonesia juga turut andil dalam upaya meningkatkan dan membantu pelaku UMKM tanah air yang terdampak akibat wabah Covid-19 yang melanda dunia sejak tahun 2020 yang lalu.

Kepala Cabang JNE Makassar, Suci Indah Permatasari mengatakan, melalui webinar online ini diharapkan UKM di Indonesia, khususnya di Makassar dapat mengembangkan kemampuan bersaing di dunia digital. Baik dalam skala nasional dan global.

“Melalui forum ini para pelaku UKM di Makassar dapat saling memberikan insight dan berkolaborasi untuk mengembangkan UKM ke arah yang lebih positif. Kami di JNE menerapkan 5K (Kecepatan, Ketepatan, Keamanan, Kemudahan, dan Kenyaman). Dibarengi dengan perbaikan yang berkesinambungan,” kata Suci Indah Permatasari.

Selanjutnya Owner Rumah Anyamandiri, Elsa mengatakan tidak dipungkiri adanya pandemi sempat menurunkan penjualan terutama di awal-awal sekitar bulan Maret. Tapi dengan adanya online dapat membantu penjualan, bahkan omzetnya naik tiga kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya.

“Bisnis saya sempat menurun di awal pandemi, di situ kami mengubah penjualan kami yang sebelumnya hanya melayani penjualan offline, dan mulai buat website kemudian bergabung di marketplace, alhamdulillah omzet kami meningkat,” ungkapnya.

Selain itu, pandemi tidak menghalangi usaha Owner Mogu Indonesia pemilik Brand Sarabba Cika, Bagus Sarwono untuk berhenti berinovasi.

“Memang, saat awal pandemi sempat tidak ada event mulai April lah kalau di Makassar, sementara model penjualan kami itu sering ikut event-event dalam memasarkan produk, tapi kami langsung banting setir dengan berjualan secara online mulai masuk di marketplace, dan memang waktu itu produk kami sangat banyak dicari oleh customer karena bahan baku yang kami gunakan itu jahe, tahu kan? Di awal pandemi semua orang langsung berubah untuk hidup lebih sehat mulai mengkonsumsi jahe. Penjualan kami sangat terbantu saat itu meningkat hingga 100 kali lipat,” ujarnya.

JNE, kata Bagus, telah berjasa besar menyebarkan manfaat Sarabba Cika ke seluruh negeri. JNE menjadi salah satu jasa pengiriman paling diminati oleh pelanggan mereka.

“Kami tetap berikan pilihan ke pelanggan. Tapi yah hampir 80 persen lebih memilih barangnya dikirim lewat JNE,” katanya.

Bahkan, kata Bagus, sampai saat ini beberapa reseller-nya di pedalaman Bantaeng menggunakan jasa JNE untuk mendistribusikan Sarabba Cika. Hal ini diketahuinya saat melakukan kunjungan ke sejumlah reseller di kabupaten tersebut.

“Saya tidak bisa bayangkan kalau tidak ada jasa logistik. Bagaimana reseller kami yang di pedalaman bisa sukses dan menjual segitu banyak produk kalau cuma di sekitar rumahnya saja,” katanya.

Bersama JNE Semua Lebih Mudah

Seiring dengan bertambahnya jumlah toko dan transaksi online, semakin banyak juga agen-agen ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman.

Ada yang menawarkan layanan hantaran supercepat, banyak juga yang mengutamakan harga super murah. Sebagai pelaku UMKM semuanya tentu menginginkan pengiriman yang cepat dan tentu saja harga terjangkau.

Owner Tas Murah Makassar, Asrullah Syam mencoba peruntukkan bisnisnya dengan menggunakan jasa pengiriman JNE.

Pria muda yang biasa disapa Accul ini mengatakan JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) adalah perusahaan ekspedisi terbesar di Indonesia karena memiliki akses yang sangat luas sehingga sangat memudahkan masyarakat untuk cek paket kirimannya.

JNE sangat memanfaatkan sosial media untuk menampung keluhan pelanggannya dalam hal pengiriman barang. Web jne.co.id juga sangat memanjakan pengaksesnya, dimana disana disediakan banyak informasi tentang lengkap tentang JNE, tracking pengiriman, cek ongkos kirim dan lainnya.

“Di web ini, kita juga bisa memberikan saran, kritik, keluhan, klaim ganti rugi, pengaduan, pertanyaan dengan mudah dan akan direspon cukup cepat oleh pihak JNE, Pokoknya bersama JNE semua akan jauh lebih mudah, cukup menggunakan smartphone, transaksi aman terkendali,” katanya.

Untungnya lagi kata Accul, JNE ini sangat membantunya dalam proses pengiriman barang.

“Di tengah pandemi ini yang memaksa orang untuk mengurangi kegiatan di luar rumah, selalu ada petugas agen JNE yang setia menjemput paket ke rumah setiap sore. Dan tidak seperti beberapa perusahaan pengiriman lain yang menjemput paket dengan minimum order tertentu, petugas JNE mau menjemput ke rumah meskipun saya hanya mengirim satu paket saja, pokoknya berbisnis dengan menggunakan jasa JNE itu sangat menguntungkan,” tambahnya.

Sedangkan distributor produk kecantikan, Azura mengatakan menggunakan jasa JNE telah memudahkannya selama ini dalam bisnisnya. “Kalau bicara dengan jasa pengiriman saya percaya sama JNE, karena selama kurang lebih 5 tahun bisnis saya selalu menggunakan jasanya,” katanya.

Menurut Azura, tracking nomor resi via web dan telepon, sangat membantunya untuk memantau kirimannya.

“Keterangan pelacakan nomor resi, saya paling sering menggunakan layanan antar YES [yakin esok sampai], Reguler, dan OKE [Ongkos Kirim Ekonomis]. Selain itu juga masih ada layanan SPS [Speed service, pengiriman pada hari yang sama]. Tinggal kita pilih yang sesuai dengan kebutuhan kita,” tambahnya.

Azura menambahkan, selama lima tahun ini sudah puluhan ribu paket paket yang dia kirim melalui JNE. “Kami sangat terbantu dengan pengiriman menggunakan JNE,” katanya.

Sementara itu, Branch Manager JNE Makassar Suci Indah Permatasari mengatakan tak hanya soal pelayanan, di usia JNE ke 31 tahun juga memanjakan para pengguna pengiriman paket dengan menghadirkan JNE Loyalti Card (JLC).

Pemegang JLC akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti kecepatan layanan, potongan harga pada saat periode promo, dan hadiah undian menarik.

“Ini dapat dimanfaatkan para UMKM dengan kemudahan dan lebih banyak keuntungan,” ujarnya.

Selain hadirkan JLC, pihaknya juga membangun sinergitas dan kolaborasi apik dengan semua pihak. “Jadi ada sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperlancar program kita,” katanya.

Pihaknya menegaskan, segala sesuatunya akan bertahan jika dibarengi kreativitas dan inovasi.

“Kreativitas dan inovasi ini bisa menjadi solusi bagi UMKM untuk tetap produktif, khususnya di Makassar,” katanya.

JNE31tahun, #JNEMajuIndonesia dan #jnecontentcompetition2021

Penulis: Ninik Sumarni Nanring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *