INFOKINI.ID, MAKASSAR– Sejak dilaunching pada Mei 2025 lalu, Suzuki Fronx mampu menyita perhatian masyarakat. Bahkan SUV bergaya coupe yang lagi naik daun ini, mampu mendongkrak volume penjualan Suzuki hingga 20 persen. Tak tanggung-tanggung, angka penjualan Fronx bahkan mampu melampaui target penjualannya, yaitu 80 unit sejak dihadirkan perdana di wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar), di tengah tertekannya kondisi pasar otomotif. Antusiasme masyarakat terhadap Suzuki Fronx terlihat dari jumlah pemesanan yang telah dibukukan. Bahkan Suzuki Fronx membawa PT Megahputra Sejahtera sebagai dealer di Sulselbar dengan angka penjualan lima besar di Indonesia, setelah Bandung, Bali, Jateng, dan Palembang.
“Di Sulawesi Selatan dan Barat, khususnya merek Suzuki, kita bersyukur dengan hadirnya Fronx ini, penurunan kita tidak signifikan dan tidak sebesar apa yang terjadi di nasional. Dan bisa dikatakan mendongkrak secara volume untuk brand Suzuki. Kira-kira dominasi, Fronx untuk saat ini sebesar 20 persen, terhadap peningkatan secara volume. Suzuki Fronx bisa menambah 25 unit penjualan kita perbulannya,” jelas Y. Roberto selaku General Manager PT Megahputra Sejahtera, di sela penyerahan kunci kepada 20 konsumen perdana Suzuki Fronx di wilayah Sulselbar, Sabtu (19/7/2025).

Robert juga mengakui bahwa selama ini Suzuki identik dengan Suzuki New Carry Pick Up sebagai ke daratan komersil. Tetapi hadirnya Suzuki Fronx menjadi daya tarik baru yang posisinya mampu menyamai New Carry. “Saat ini Fronx sedang naik daun. Kalau kita jual 50 New Carry, Fronx juga bisa keluar sejumlah itu. Target kita untuk Fronx minimal 50 unit perbulan,” ujarnya yang menambahkan bahwa angka penjualan Suzuki Fronx sesuai ekspektasi, dengan mencapai angka penjualan pertama sebanyak 80 unit.
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan PT Megahputra Sejahtera juga telah mencatatkan tonggak sejarah baru, dengan menyerahkan 20 unit perdana Suzuki Fronx kepada para konsumen secara resmi di wilayah Sulselbar. Penyerahan dikemas dalam acara seremonial yang berlangsung di kawasan Makassar. Acara ini juga menjadi bukti nyata komitmen Suzuki dan PT Megahputra Sejahtera dalam memberikan apresiasi atas kepercayaan pelanggan. 20 unit yang diserahkan Sabtu ini, akan disusul 60 unit lagi pada akhir Juli mendatang.
“Sore ini kita baru serahkan 20 unit kepada konsumen. Masih ada 60 unit Suzuki Fronx lagi yang akan menyusul diserahkan kepada konsumen di Sulsel dan Sulbar, dari jumlah pemesanan yang sudah sampai ke angka 80 unit. Perkiraan penyerahan ke customer kita akan dilakukan pada akhir Juli 28. Inden itu telah ada sejak 28 Mei, pada saat awal launching,” jelas Robert.
Suzuki Fronx dengan teknologi Suzuki Safety Support, memberikan tambahan rasa aman bagi pengguna. Teknologi ini membantu pengemudi untuk mengingatkan hingga melakukan tindakan preventif, untuk mengutamakan keselamatan.
Keberadaan teknologi yang masuk dalam kategori advanced driving assistance system (ADAS) ini menjadi kali pertama disematkan pada lini produk Suzuki Indonesia. Sistem ini dirancang membantu keselamatan pengemudi tanpa menghilangkan pengalaman berkendara yang menyenangkan.
Mengusung mesin K15C 1.500cc yang dipadukan dengan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), dapur pacu Suzuki Fronx mampu menyeimbangkan antara performa dengan reduksi emisi gas buang sekaligus mendukung penghematan konsumsi bahan bakar. Berbagai fitur ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen terhadap Suzuki Fronz.
Kelebihan Suzuki Fronx sebagai alasan memilihnya, diungkapkan Tuti, yang merupakan salah seorang konsumen dari 20 konsumen yang menerima kunci perdana Suzuki Fronx dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan PT Megahputra Sejahtera. Menurutnya teknologi dan fitur yang ada di Suzuki Fronx sangat dibutuhkan oleh wanita. “Ada fitur keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara, khususnya bagi wanita. Kamera 360-nya, memungkinkan kita melihat dari segala arah,” ujar Tuti.
Konsumen lainnya adalah Dega. Pria ini mengaku bahwa Suzuki Fronx yang merupakan mobil kedua di keluarganya, memiliki nilai tersendiri baginya. “Desain bodynya. First impression-nya sangat menarik. Layanan purna jualnya yang tak turun drastis dan biaya maintenance yang relatif lebih murah. Itulah yang menjadi alasan saya untuk memiliki mobil Suzuki. Suzuki Fronx adalah mobil kedua dan sangat menarik,” jelasnya.(*)
















